Sabtu, 15 Juni 2013

A Latihan Renang Gaya Dada
1. Latihan Meluncur
Latihan meluncur dapat dilakukan pada kolam yang dangkal. Kedalaman airnya kira-kira setinggi pinggang atau dada, di mana anak- anak sudah bisa mengambang di atas permukaan air. Cara melakukan latihan meluncur adalah sebagai berikut.
a. Sikap Permulaan Badan berdiri membelakangi pinggiran kolam. Kemudian salah satu kaki diangkat dan telapak kaki dikenakan pada pinggiran kolam. Selanjutnya badan dibungkukkan, kedua tangan lurus ke depan dengan jari-jari tangan rapat dan telapak tangan menghadap ke dalam kolam.
b. Gerakannya Pada saat menolakkan kaki pada pinggiran kolam, seluruh badan dan kedua tangan dorong ke depan, hingga seluruh badan, kaki, dan kedua tangan lurus berada di atas permukaan air. Maka tubuh akan
95Bab 10 Aktivitas Akuatik (Renang)
meluncur ke depan dalam keadaan seluruh badan lurus. Gerakan ini pertahankan sejauh-jauhnya. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar 10.2 Latihan meluncur
2. Latihan Menggerakkan Tungkai
Cara melakukan latihan menggerakkan tungkai adalah sebagai berikut.
a. Salah satu tangan memegang papan atau pipa yang ada di pinggiran kolam.
b. Sedangkan  tangan yang lain menempel di tembok. Kepala di atas permukaan air.
c. Tarik kedua lutut ke samping agak serong ke bawah, kedua tumit rapat.
d. Lakukan gerakan ini berulang-ulang. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar 10.3 Latihan gerakan tungkai
96 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  3
3. Latihan Menggerakkan Lengan
Latihan gerakan lengan renang gaya dada dapat dilakukan pada kolam yang dangkal yang ketinggian airnya kira-kira di bawah dada. Cara melakukan latihan gerakan lengan adalah sebagai berikut.
a. Sikap Permulaan Berdiri di dalam kolam, kedua kaki dibuka. Badan bungkukkan ke atas permukaan air, kedua tangan lurus ke depan. Telapak tangan menghadap ke bawah, jari-jari tangan dirapatkan, dan muka menghadap ke dalam air.
b. Gerakannya Gerakan dalam latihan menggerakkan lengan yaitu:
1) Sambil menekan air, kedua lengan tarik ke samping agak serong ke bawah, dan siku tetap lurus.
2) Kemudian pada saat lengan berada kira-kira di bawah bahu, secepat mungkin kedua sikut dibengkokkan atau dilipat, hingga kedua lengan berada di bawah dada dan telapak tangan menghadap ke bawah.
3) Selanjutnya dorong lagi ke depan lurus.
4) Demikian seterusnya, gerakan ini dilakukan berulang-ulang. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar 10.4 Latihan gerakan lengan
97Bab 10 Aktivitas Akuatik (Renang)
B. Latihan Pernapasan Renang Gaya Dada
Setelah ketiga latihan tersebut dapat dilakukan dengan lancar, maka dapat dilanjutkan dengan latihan pernapasan. Pernapasan renang gaya dada dengan cara mengangkat kepala ke arah depan, pandangan melihat ke arah depan sehingga mulut keluar dari permukaan air. Naiknya kepala diusahakan sedikit mungkin hanya secukupnya untuk dapat bernapas. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar 10.5 Latihan pernapasan
CC.. CC.. C. KKoommbbiinnaassii  GGeerraakkaann  TTuunnggkkaaii  ddaann  LLeennggaann KKoommbbiinnaassii  GGeerraakkaann  TTuunnggkkaaii  ddaann  LLeennggaann Kombinasi Gerakan Tungkai dan Lengan RReennaanngg  GGaayyaa  DDaaddaa RReennaanngg  GGaayyaa  DDaaddaa Renang Gaya Dada
Cara melakukan kombinasi gerakan tungkai dan lengan renang gaya dada adalah sebagai berikut.
1. Setelah meluncur, kedua lengan tarik ke samping agak serong ke bawah.
2. Kedua kaki mula-mula ditarik ke dekat pantat, tumit rapat lalu dilepas, dan kedua kaki terbuka ke samping.
98 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  3
3. Pada saat kedua tangan tarik ke samping agak serong ke bawah, secepatnya mengangkat kepala di atas permukaan air untuk mengambil napas.
4. Kemudian kedua tangan diluruskan ke depan, dengan cepat kedua kaki ditarik ke dekat pantat sambil menendang ke belakang. Dengan demikian badan akan meluncur ke depan. 5. Waktu akan berhenti, tangan, kaki, dan kepala cepat-cepat digerakkan dengan cara yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar