Sabtu, 15 Juni 2013

Pada materi ini akan membahas tentang berbagai aktivitas di luar sekolah yang dapat dilakukan anak-anak sekolah, misalnya berkemah dan penjelajahan. Setelah mempelajari materi berikut ini, kalian diharapkan dapat melakukan aktivitas mengikuti jejak, memilih tempat yang aman untuk bermain, serta mampu menjaga keselamatan diri dan orang lain selama beraktivitas di lingkungan sekitar sekolah.
AA.. AA.. A. BBeerrkkeemmaahh  (( BBeerrkkeemmaahh  (( Berkemah ( Camping Camping Camping Camping Camping )) )) )
Jika kalian berkemah, maka akan mendapat banyak keuntungan. Misalnya kalian akan dapat meningkatkan rasa kemanusiaan dan mempererat rasa persahabatan. Selain itu, kalian dapat meningkatkan kecakapan/keterampilan diri. Banyak cara yang dapat dipilih untuk menikmati berkemah. Apalagi bila telah tersedia bumi perkemahan yang keamanannya terjamin dan fasilitas yang diperlukan telah tersedia misalnya air, penerangan, MCK, bahan makanan, dan tempat rekreasi. Pertimbangan utama tentang tempat yang digunakan untuk berkemah yaitu harus aman dan mudah dalam pengawasan. Perlengkapan pribadi yang harus dibawa ketika akan berkemah antara lain:
1. Tenda, tali, tikar, tongkat, dan patok.
2. Alat-alat memasak.
3. Alat P3K dan obat-obat penting.
4. Pakaian ganti, dan lain-lain.
Ikuti petunjuk berkemah yang aman ini dan buatlah pengalaman berkemah yang menarik! 1. Dirikanlah tenda sebelum hari menjadi gelap. 2. Carilah lokasi yang cukup luas untuk memasang tenda. 3. Buatlah perapian di tempat yang agak jauh dari tenda. 4. Pastikan perapian selalu terjaga agar tidak terjadi kebakaran. 5. Kenalilah berbagai tanaman berbahaya yang ada di sekitar tenda. 6. Jangan sembarangan minum air. Pastikan kalian hanya minum air yang telah direbus. Petunjuk Praktis
105Bab 11 Aktivitas di Luar Kelas (Outdoor)
Gambar kegiatan perkemahan adalah sebagai berikut.
Gambar 11.2 Kegiatan perkemahan di sekitar sekolah
BB.. BB.. B. PPeennjjeellaajjaahhaann  ddii  SSeekkiittaarr  SSeekkoollaahh PPeennjjeellaajjaahhaann  ddii  SSeekkiittaarr  SSeekkoollaahh Penjelajahan di Sekitar Sekolah
Salah satu maksud dan tujuan melakukan kegiatan di alam terbuka adalah untuk mengisi waktu luang/ liburan. Waktu luang yang tidak diisi dengan kegiatan yang positif akan mudah sekali untuk diisi perbuatan iseng yang akhirnya mengarah ke tindakan negatif. Oleh karena itu, para guru, pembina, dan orang tua diharapkan dapat menunjukkan pada anak-anak kegiatan yang baik dan bermanfaat serta kegiatan yang buruk dan merugikan. Penjelajahan adalah suatu perjalanan kaki yang diikuti dengan permainan/ petualangan. Pada materi kali ini akan membahas mengenai aktivitas penjelajahan yang dilakukan di sekitar lingkungan sekolah. Tujuan kegiatan penjelajahan antara lain: 1. Melatih fisik dan mental.
2. Meningkatkan keterampilan berjelajah.
3. Mempererat nilai kerja sama.
4. Meningkatkan rasa tolong-menolong.
5. Melatih rasa percaya diri.
106 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  3
Pada materi penjelajahan ini akan dibahas tentang penjelajahan perkampungan di sekitar sekolah yaitu mengenai cara mendeskripsikan atau menggambarkan perencanaan kegiatan penjelajahan di sekitar sekolah. Mengapa memilih penjelajahan di sekitar sekolah? Sebab penjelajahan di sekitar sekolah lebih aman dan mudah dalam pengawasannya. Kegiatan penjelajahan di sekitar sekolah sering disebut juga mencari jejak atau cross country. Tujuan kegiatan penjelajahan di perkampungan sekitar sekolah adalah untuk mengenal daerah sekitar dan untuk mengenal masyarakat. Apa saja yang perlu kita siapkan sebelum melakukan kegiatan penjelajahan? Untuk lebih jelasnya ikuti penjelasan berikut ini.
1. Perencanaan Kegiatan Penjelajahan Agar kegiatan penjelajahan berjalan dengan lancar dan tersusun secara benar, maka sebelumnya perlu diadakan perencanaan. Perencanaan bertujuan agar kegiatan penjelajahan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Perencanaan kegiatan meliputi penyusunan jadwal kegiatan penjelajahan, memilih daerah yang akan dijadikan tempat penjelajahan, pengenalan sandi-sandi dan tanda-tanda, dan sebagainya yang berkaitan dengan kegiatan penjelajahan. Dalam membuat perencanaan kegiatan, terlebih dahulu diadakan pertemuan untuk membahas rencana kegiatan penjelajahan. Sebelum melakukan kegiatan penjelajahan, sebaiknya kita merencanakannya terlebih dahulu dengan cara membuat jadwal kegiatan. Mengapa membuat jadwal sangat diperlukan? Karena jadwal merupakan pedoman yang akan dipraktikkan dalam melakukan kegiatan penjelajahan. Kegiatan akan menjadi kacau tanpa adanya pedoman jadwal. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun jadwal kegiatan yaitu:
a. Menentukan hari dan tanggal kegiatan. b. Menentukan waktu atau jam pemberangkatan. c. Menentukan start dan finish. d. Menentukan tempat berkumpul. e. Menentukan rute perjalanan. f. Menentukan peralatan yang akan dibawa.
107Bab 11 Aktivitas di Luar Kelas (Outdoor)
Perlengkapan yang akan dibawa sewaktu melakukan penjelajahan sangatlah penting untuk dimasukkan ke dalam penyusunan jadwal kegiatan. Perlengkapan apa saja yang dibawa sewaktu melakukan kegiatan penjelajahan di sekitar sekolah? Misalnya: kompas, alat tulis, peta, makanan dan minuman, dan lain-lain.
2. Menggambar Peta Peta adalah suatu gambar atau denah yang menunjukkan letak suatu tempat atau daerah. Dalam membuat atau menggambar peta diperlukan suatu pedoman berupa kompas. Kompas adalah sebuah alat yang menunjukkan arah mata angin.
Gambar 11.3 Kompas
Kompas dapat memberikan informasi arah yang tepat, karena kompas selalu menunjuk ke satu arah tertentu. Kompas sangat penting ketika kalian berada di suatu tempat yang tidak dilengkapi rambu penunjuk arah. Apabila lupa membawa kompas, kalian dapat memanfaatkan sinar matahari untuk menentukan arah. Jika hari masih pagi, maka arah terbit matahari adalah arah timur. Untuk menentukan arah, menghadaplah ke arah sinar matahari. Maka arah di depan kalian adalah arah timur, sedang di belakang kalian adalah arah barat. Selain itu, sebelah kanan kalian adalah arah selatan, serta sebelah kiri kalian adalah utara. Begitu pula sebaliknya, ketika hari sudah sore. Jika kalian menghadap ke arah sinar matahari, berarti  menghadap ke arah barat. Sehingga sebelah kanan kalian adalah arah utara, sebelah kiri adalah arah selatan, dan sebelah belakang kalian adalah arah timur.
108 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  3
3. Mengenal Sandi dan Tanda-tanda Langkah selanjutnya adalah mengenal sandi dan tanda-tanda. Mengapa mempelajari sandi dan tanda-tanda juga penting? Karena apabila seorang penjelajah tidak bisa membaca sandi dan membaca tanda maka dia akan mengalami kesulitan dalam mencari jalan yang akan dituju. Bahkan mungkin dapat tersesat atau bahkan dapat membahayakan dirinya sendiri. Maka sebelum melakukan kegiatan penjelajahan pelajarilah sandi dan tanda-tanda terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar dapat memudahkan membaca petunjuk di perjalanan. Sandi adalah sesuatu yang bersifat rahasia dan sulit dimengerti oleh orang awam atau orang yang belum mempelajarinya, karena sandi merupakan huruf rahasia. Sedangkan tanda adalah suatu petunjuk. Di dalam kegiatan kepramukaan di sekolah akan diajarkan tentang pengenalan dan cara membaca sandi dan tanda-tanda. Sandi dan tanda-tanda ada beberapa macam. Setiap sandi ada kuncinya tersendiri untuk membuat dan membacanya atau menerjemahkannya. Di bawah ini adalah contoh sandi dan tanda-tanda yang sudah dipelajari dan sering digunakan untuk kegiatan penjelajahan. Macam-macam sandi antara lain:
a. Sandi kotak
c. Sandi rumput
b. Sandi angka
d. Sandi kimia, dan lain-lain. Di bawah ini adalah contoh gambar sandi kotak:
Gambar 11.4 Sandi kotak
109Bab 11 Aktivitas di Luar Kelas (Outdoor)
Macam-macam tanda antara lain:
a. Tanda-tanda di atas tanah
b. Tanda-tanda dengan rumput
c. Tanda-tanda dengan batu
d. Tanda-tanda dengan ranting Di samping ini adalah contoh tanda-tanda dengan batu:
Setelah menyusun jadwal kegiatan, membuat peta, dan mempelajari sandi dan tanda-tanda, maka selanjutnya adalah mempraktikkan kegiatan-kegiatan di atas dalam bentuk penjelajahan sederhana di perkampungan sekitar sekolah. Lakukanlah kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal dan peta yang telah kalian buat dengan dibimbing oleh bapak dan ibu guru atau pembina pramuka. Sebelum kegiatan dilakukan, terlebih dahulu buatlah kelompok atau regu dengan temanmu. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar 11.6 Kegiatan penjelajahan di perkampungan sekitar sekolah
Gambar 11.5 Tanda-tanda dengan batu
110 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  3
CC.. CC.. C. MMeemmiilliihh  TT MMeemmiilliihh  TT Memilih Teemmppaatt  yyaanngg  BB eemmppaatt  yyaanngg  BB empat yang Baaiikk  ddaann  AAmmaann aaiikk  ddaann  AAmmaann aik dan Aman uunnttuukk  BBeerrkkeemmaahh  ddaann  BBeerrmmaaiinn uunnttuukk  BBeerrkkeemmaahh  ddaann  BBeerrmmaaiinn untuk Berkemah dan Bermain
1. Memilih Tempat yang Aman untuk Berkemah Memilih tempat yang aman untuk berkemah sangatlah penting, apalagi untuk anak sekolah dasar. Bagaimana memilih tempat yang baik dan aman untuk berkemah? Cara memilih tempat yang baik dan aman untuk berkemah adalah sebagai berikut. a. Mempunyai pemandangan yang bagus.
b. Cukup banyak air untuk mandi, keperluan dapur, dan minum.
c. Tidak terlalu jauh dari desa/ kampung, pasar, tanah lapangan, jalan besar.
d. Ada tempat yang teduh untuk memasak dan banyak bahan bakar/ kayu.
e. Tempat itu harus tenang dan aman, serta tidak ada binatang buas.
2. Memilih Tempat yang Aman untuk Bermain Memilih tempat yang aman untuk bermain sangatlah penting, apalagi untuk anak-anak. Pilihlah tempat yang tidak jauh dari rumah kalian. Kalian dapat bermain ke rumah teman maupun bermain ke tanah lapang. Pastikan kalian pamit kepada orang tua atau orang yang ada di rumah sebelum pergi bermain. Kalian dapat bermain sepak- bola, bola voli, bola basket, maupun permainan lain di lapangan. Jangan bermain di jalan raya karena itu berbahaya. Jika kalian bermain sepeda, carilah jalan yang sepi dari kendaraan bermotor dan tetaplah berhati-hati. Ingatlah untuk lekas pulang apalagi jika hujan akan turun, jangan sampai lupa waktu pada saat bermain. Perhatikan gambar di samping! Gambar 11.7 Lapangan merupakan tempat bermain yang aman
111Bab 11 Aktivitas di Luar Kelas (Outdoor)
Tugas
D. Penjagaan Keselamatan Diri dan OOrraanngg  LL OOrraanngg  LL Orang Laaiinn  ppaaddaa  SS aaiinn  ppaaddaa  SS ain pada Saaaatt  BBeerrkk aaaatt  BBeerrkk aat Berkeemmaahh eemmaahh emah
Pada saat berkemah, kita harus menjaga keselamatan diri dan orang lain. Hal tersebut bertujuan agar kita terhindar dari kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu, bagaimanakah cara menjaga keselamatan diri dan orang lain saat berkemah? Simaklah pembahasan berikut ini, agar kalian mengetahuinya!
1. Penjagaan Keselamatan Diri pada Saat Berkemah Cara menjaga keselamatan diri antara lain:
a. Peliharalah kesehatan diri sebaik-baiknya.
b. Obatilah segala macam luka yang sakit supaya tidak infeksi.
c. Hati-hatilah dengan nyala api. Bagaimanapun kecilnya nyala api dapat mengakibatkan kebakaran besar.
d. Jangan mencoba-coba masuk ke dalam hutan seorang diri.
e. Berhatilah-hatilah dengan serangga dan binatang-binatang kecil yang berbisa. Serangga dan binatang-binatang kecil biasanya bersembunyi di dalam tumpukan sampah dan semak-semak. 2. Penjagaan Keselamatan Orang Lain pada Saat Berkemah Cara menjaga keselamatan orang lain saat berkemah antara lain:
a. Memberikan obat atau pertolongan pertama kepada teman yang sakit.
b. Bila ada teman yang sakit parah, segera laporkan kepada pembina atau dibawa ke rumah sakit terdekat.
c. Saling mengingatkan untuk selalu berhati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar