Sabtu, 15 Juni 2013

Pada bab ini akan dibahas tentang kombinasi gerak dasar aktivitas ritmik secara individu maupun beregu dan dilakukan tanpa atau dengan menggunakan iringan musik. Sehingga setelah mempelajari materi berikut ini, kalian akan dapat melakukan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik tanpa musik atau dengan iringan musik. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa alat. Alat yang disediakan antara lain: balon, simpai, bola, bendera, gada, dan pita. Adapun irama yang digunakan seperti pita rekaman, video, televisi, tepukan tangan, ketukan kayu ke tiang atau juga pohon. Tekanan yang harus diberikan pada senam irama yaitu: 1. Irama : 2/4, 3 /4, 4/4, dan lain-lain. 2. Kelentukan tubuh (fleksibilitas). 3. Kelanjutan gerakan (rangkaian gerak yang tidak terputus-putus).
AA.. AA.. A. BBeerrbbaaggaaii  GGeerraakk  MMeennggaayyuunn  LLeennggaann  ddaann BBeerrbbaaggaaii  GGeerraakk  MMeennggaayyuunn  LLeennggaann  ddaann Berbagai Gerak Mengayun Lengan dan MMeenneekkuukk  LLuuttuutt  ddaallaamm  SSeennaamm  IIrraammaa MMeenneekkuukk  LLuuttuutt  ddaallaamm  SSeennaamm  IIrraammaa Menekuk Lutut dalam Senam Irama TT TT Taannppaa  IIrriinnggaann  MMuussiikk aannppaa  IIrriinnggaann  MMuussiikk anpa Iringan Musik
1. Gerak Dasar Mengayun Kedua Lengan ke Samping Badan Cara melakukan gerakan mengayun kedua lengan ke samping badan yaitu:
a. Gerakan lengan diayun ke samping kiri dan kanan setinggi pinggul.
b. Lengan diangkat (diayun) ke atas, ke arah samping kiri dan kanan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini!
37Bab 4 Aktivitas Senam Ritmik
Gambar 4.2 Gerak dasar mengayun kedua lengan ke samping badan
2. Gerak Dasar Menekuk Lutut
Cara melakukan gerak dasar menekuk lutut yaitu:
a. Sikap badan berdiri tegak, kaki rapat, kedua tangan di pinggang.
b. Hitungan 1: Jongkok, tumpuan pada ujung jari kaki.
c. Hitungan 2: Berdiri d. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.
Gambar 4.3 Gerak dasar menekuk lutut
38 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  3
3. Gerak Dasar Lompat di Tempat Sambil Mengayun Lengan
Cara melakukan lompat di tempat sambil mengayun lengan yaitu:
a. Lengan diayun ke arah kiri atas, maka kaki kanan melompat ke arah kiri.
b. Lakukan gerakan kebalikannya dan lakukan secara berulang-ulang.
Gambar 4.4 Gerak dasar lompat di tempat sambil mengayun lengan
4. Gerak Dasar Lengan  Silang Rentang Sambil Menekuk Lutut Cara melakukan gerakan lengan silang rentang sambil menekuk lutut yaitu:
a. Sambil menyilangkan kedua lengan di depan badan, lutut kaki kanan diangkat tinggi, lutut dibengkokkan, badan membulat dan kepala tunduk.
b. Sambil merentangkan kedua lengan ke samping lurus, kaki kanan diturunkan, kaki kiri diangkat ke belakang lurus, badan dilentingkan, dada dibuka dan dagu diangkat.
c. Lakukan gerakan kebalikannya dan lakukan secara berulang-ulang.
Gambar 4.5 Gerak dasar lengan silang rentang sambil menekuk lutut
39Bab 4 Aktivitas Senam Ritmik
BB.. BB.. B. BBeerrbbaaggaaii  GGeerraakk  MMeennggaayyuunn  LLeennggaann  ddaann BBeerrbbaaggaaii  GGeerraakk  MMeennggaayyuunn  LLeennggaann  ddaann Berbagai Gerak Mengayun Lengan dan MMeenneekkuukk  LLuuttuutt  ddaallaamm  SSeennaamm  IIrraammaa MMeenneekkuukk  LLuuttuutt  ddaallaamm  SSeennaamm  IIrraammaa Menekuk Lutut dalam Senam Irama ddeennggaann  IIrriinnggaann  MMuussiikk ddeennggaann  IIrriinnggaann  MMuussiikk dengan Iringan Musik
Latihan ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi gerakan yang sesuai dengan irama lagunya. Misalnya: musik lagu Jali-jali, Topi Saya Bundar, Naik-naik ke Puncak Gunung, Lihat Kebunku, dan lain-lain. Perhatikan contoh berbagai gerak mengayun lengan dan menekuk lutut secara beregu dalam senam irama dengan menggunakan iringan musik di bawah ini. Sikap permulaan: Sejumlah siswa membuat lingkaran. Satu lingkaran diisi oleh 4-6 anak yang saling menghadap ke dalam lingkaran. Jarak antara anak satu dengan yang lain ± 1,5 m. Gerakannya: Lakukan gerakan menekuk lutut (dengan cara diangkat) dan mengayun kedua lengan ke samping badan seperti gambar 4.2 dan gambar 4.3 dengan mengikuti iringan musik Naik-naik ke Puncak Gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar