Sabtu, 15 Juni 2013

Pada bab ini kalian akan belajar tentang cara menjaga kebersihan pakaian dan menjaga kesehatan tubuh dengan cara beristirahat. Setelah mempelajari materi berikut ini, kalian diharapkan dapat menjaga kebersihan pakaian dan menjaga kesehatan tubuh masing- masing.
AA.. AA.. A. KKeebbeerrssiihhaann  PPaakkaaiiaann KKeebbeerrssiihhaann  PPaakkaaiiaann Kebersihan Pakaian
Pakaian berguna untuk melindungi tubuh kita, seperti melindungi dari udara dingin, panas matahari, kotoran, serta debu. Kebersihan pakaian harus selalu kita perhatikan. Pakaian yang bersih akan terbebas dari kuman penyakit, sehingga pakaian yang dikenakan akan terasa nyaman di badan. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai syarat pakaian yang memenuhi kesehatan, antara lain:
1. Tidak merusak kulit.
2. Tidak terlalu sempit.
3. Mudah dicuci dan mudah dirapikan.
Berikut ini berbagai cara untuk menjaga kebersihan pakaian. Cobalah kamu menerapkan cara berikut, agar pakaianmu selalu bersih.
1. Pakaian sehabis dipakai sebaiknya dicuci (dibersihkan).
2. Jangan menaruh pakaian yang sudah dipakai ke dalam lemari. Jika perlu gantungkan pakaian yang sudah dipakai di luar kamar.
3. Sediakan tempat khusus untuk baju, sepatu, topi, dan lain-lain.
4. Kosongkan saku-saku pada baju atau celana.
5. Pakaian yang disimpan dalam lemari selalu dalam keadaan bersih dan kering.
Tugas
Cobalah kamu meneliti pakaian-pakaian yang kamu miliki! Apakah semuanya sudah memenuhi syarat-syarat kesehatan? Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman-temanmu!
45Bab 5 Budaya Hidup Sehat
BB.. BB.. B. KKeebbuuttuuhhaann  TTiidduurr  ddaann  IIssttiirraahhaatt KKeebbuuttuuhhaann  TTiidduurr  ddaann  IIssttiirraahhaatt Kebutuhan Tidur dan Istirahat
Gambar 5.2 Tidur dapat mengurangi kelelahan
Kesehatan jasmani dan rohani erat sekali hubungannya dan saling mempengaruhi satu sama lain. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jasmani saja, tanpa memperhatikan kesehatan rohani akan terasa kurang sempurna. Terkadang ada orang yang tidak peduli dengan kesehatannya, karena terlalu berlebihan dalam beraktivitas, sehingga dapat merasa cepat lelah. Lelah adalah suatu keadaan di mana kemampuan kerja menurun. Lelah jasmani disebabkan timbunan zat-zat yang tidak berguna lagi (antara lain zat asam susu) sebagai hasil dari proses penguraian di dalam tubuh. Maka untuk menghilangkannya diperlukan istirahat atau tidur.
1. Hal-hal yang Terjadi Selama Tidur
Hal-hal yang terjadi selama tidur antara lain:
a. Menghilangkan zat-zat yang tidak diperlukan lagi yang tertimbun di dalam tubuh.
46 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  3
b. Memperbaiki bagian-bagian tubuh yang usang atau rusak.
c. Menghentikan aktivitas-aktivitas yang tidak utama (gerak tubuh, berpikir, dan lain-lain).
d. Menurunkan atau melambatkan aktivitas-aktivitas yang utama (jantung, pernapasan dan lain-lain). e. Selama tidur aktivitas saraf dan jiwa berkurang, karena aliran darah ke otak berkurang.
f. Suhu tubuh menurun.
2. Lamanya Tidur
Lama tidur yang baik untuk anak-anak setiap harinya adalah delapan jam. Akan tetapi ada orang dewasa yang tidur kurang dari delapan jam atau ada pula yang bahkan lebih dari delapan jam.
3. Hal-hal yang Mengakibatkan Gangguan Tidur
Beberapa hal yang dapat mengakibatkan gangguan tidur, antara lain:
a. Suara-suara yang keras.
b. Cahaya lampu yang terlalu terang.
c. Pikiran yang tidak tenang.
d. Kerja fisik atau kerja pikiran yang terlalu keras.
e. Perut kosong atau terlalu kenyang.
4. Pertolongan bagi Orang yang Susah Tidur
Pertolongan yang dapat diberikan kepada orang yang susah tidur, antara lain: a. Mandi dengan air hangat sebelum tidur. b. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin dan garam mineral, misalnya sayuran dan buah-buahan. c. Melakukan olahraga yang teratur. d. Selekas mungkin mendapatkan penyelesaian dalam suatu persoalan hidup.
47Bab 5 Budaya Hidup Sehat
Tugas
Setelah kalian membaca dan memahami materi di atas, sekarang coba lakukan kegiatan mencuci satu potong pakaian. Kemudian jemurlah pakaian tersebut hingga kering! Selanjutnya disetrika hingga kelihatan rapi. Lakukan latihan tersebut di rumah masing- masing. Mintalah orang tua atau kakak kalian untuk mendampingi kegiatan ini.
Definisi kesehatan menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) adalah keadaan yang meliputi kesehatan fisik, mental dan sosial, dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat, dan kelemahan. InfoMedia
Terapkanlah pola tidur sehat dengan mengikuti petunjuk berikut ini.
1. Biasakan kalian tidur tepat pada waktunya. Selain itu, bangunlah pula pada waktu yang sama.
2. Berolahragalah secara teratur, karena olahraga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
3. Ciptakan suasana yang nyaman, misalnya penerangan dibuat redup atau mendengarkan musik yang lembut.
4. Usahakan jangan tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan. Petunjuk Praktis
48 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  3
Uji Kompetensi
1. Kegunaan pakaian yaitu untuk melindungi tubuh, seperti melindungi dari udara dingin, panas matahari, kotoran, serta debu.
2. Beberapa syarat pakaian yang memenuhi kesehatan antara lain: a. Tidak merusak kulit b. Tidak sempit c. Mudah dicuci dan dirapikan.
3. Lelah adalah suatu keadaan di mana kemampuan kerja menurun. 4. Melakukan tidur atau istirahat bertujuan untuk melepas lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar